BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SATYA BHAYANGKARA"

Asrena Lantamal XIV Sorong Hadiri Peninjauan Menteri Kesehatan RI Bedah Jantung CABG Perdana di Tanah Papua


Kabupaten Sorong PBD - Kolonel Laut (S) Fredik Mamoribo (Asrena Lantamal XIV) Sorong, mewakili Danlantamal XIV Sorong, Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo, menghadiri kegiatan peninjauan hasil Operasi Bedah Jantung CABG (Coronary Artery Bypass Graft) perdana di tanah Papua yang berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) J.P. Wanane, Jl Sorong-Klamono, Km.22, Kelurahan Klafma, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, provinsi Papua Barat Daya. Minggu (13/10/24).

Operasi Bedah Jantung terbuka yang pertama kali di Papua khususnya di Kota Sorong merupakan momentum bersejarah bagi masyarakat dan Pemerintah di bidang Kesehatan. Bedah Jantung CABG adalah prosedur bedah yang dilakukan untuk mengobati penyakit jantung koroner. yang bertujuan untuk mengalihkan aliran darah ke pembuluh darah yang tersumbat atau menyempit, sehingga meningkatkan suplai oksigen dan darah ke jantung. 

Pada kesempatan tersebut Menteri Kesehatan RI Bapak Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC., CLU., yang hadir langsung pada kunjungan kerjanya di Sorong menyampaikan bahwa pada hari ini tanggal 13 Oktober Provinsi Papua Barat Daya telah menciptakan tonggak sejarah baru khususnya di bidang kesehatan yang berhasil melaksanakan operasi jantung terbuka di bumi Papua. 

Lebih lanjut dikatakannya bahwa, dari 34 Provinsi tercatat sudah ada 23 Provinsi yang telah melakukan operasi jantung terbuka yang ada di seluruh Indonesia. "Penyakit jantung salah satu yang tertinggi dalam kasus medis di tanah air, untuk itu saya harapkan kepada seluruh masyarakat di wilayah Papua mari menjaga kesehatan dan perawatan sejak dini sebagai langkah preventif diantaranya rutin mengontrol tekanan darah, kadar gula serta kolesterol sebagai langkah awal mencegah penyakit kronis," pesan Menteri Kesehatan RI.

Hadir juga pada kunjungan kerja Menteri Kesehatan RI tersebut Sekjen Pelayanan Kemenkes RI Azhar Jaya, Pj Sekda Papua Barat Daya Jhony Way, S.Hut., M.Si., Kas Koarmada III Laksma TNI Singgih Sugiharto, S.E., Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Sugianto, S.Sos, MM, M.Tr.Opsla, Direktur Pusat Jantung Nasional Harapan Kita Dr.dr. Iwan Dakota, Sp.JP(K)., MARS., FACC., FESC., Kadis Kesehatan Papua Barat Daya Naomi Netty Howay, Ketua PMI Kota Sorong Roger Tanamal, SE., beserta para dokter dan tenaga medis wilayah Kota Sorong.

(Tim/Red)

Posting Komentar

0 Komentar