BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SATYA BHAYANGKARA"

16 Satuan Pendidikan Yayasan Hang Tuah Surabaya dan Jakarta Laksanakan PKS Dengan Yayasan Indonesia Sejahtera Barokah

Surabaya, (08/07) | Yayasan Hang Tuah kini kembali gulirkan Peningkatan Kualitas Anak-Anak Didik , Satuan-satuan Pendidikan di tingkat SD  Hang Tuah yang berada di  Surabaya dan Jakarta melaksanakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Yayasan Indonesia  Sejahtera Barokah yang berlangsung di SD Hang Tuah 1 Surabaya.

Satdik- Satdik  SD  Hang Tuah Jakarta melaksanakan PKS  dengan  Yayasan Indonesia Sejahtera Barokah adalah SD Plus Hang Tuah 1,  SD Plus Hang Tuah 2, SD Hang Tuah 3 , SD Plus Hang Tuah 4 , SD Plus Hang Tuah 6,  SD Plus Hang Tuah 7 dan SD Hang Tuah 8 sudah melaksanakan PKS semacam ini dengan YISB sudah satu tahun lalu.

Sementara itu Sstdik-Satdik di Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah terdiri dari SD Hang Tuah 1, SD Hang Tuah 3 , SD Hang Tuah 6,  SD Hang Tuah 7,  SD Hang Tuah 8, SD Hang Tuah 9,  SD Hang Tuah 10, SD Hang Tuah 11 dan SD Hang Tuah 12 dimana penandatangan PKS tersebut di laksanakan antara para Kasatdik dengan YISB ( BPK Yasin) di saksikan oleh Ketua Pengurus  Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP  yang berlangsung di SD Hang Tuah 1 Surabaya, pekan ini.

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P secara terpisah kepada awak media menyampaikan bahwa Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Satdik SD Hang Tuah Surabaya  dengan Yayasan Indonesia Sejahtera Barokah tentang kerjasama dibidang Pelaksanaan Program Terang Surabaya – Lampu Belajar Untuk Peningkatan Kualitas Anak-Anak Didik di sekolah.

Sementara itu Kapeng Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah   Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP ,  Perjanjian   kerjasama   ini sebagai wujud nyata dari komitmen Yayasan Hang Tuah untuk terus berupaya memperbaiki diri, agar dapat menciptakan satu sistem pendidikan yang terbaik bagi seluruh peserta didiknya.

Memasuki era global,  dunia pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan yang semakin berat serta kompleks. Perkembangan dunia pendidikan saat ini  sedang memasuki era yang ditandai dengan gencarnya inovasi berbagai bidang disiplin keilmuan, sehingga menuntut adanya penyesuaian sistem pendidikan yang selaras dengan tuntutan jaman.

Peranan sektor pendidikan dalam mempersiapkan sumber daya tersebut tidak dapat diabaikan. Program pendidikan harus selaras  dengan perkembangan pengetahuan, sehingga proses pendidikan dan pelatihan akan memberi arti pada pencapaian tujuan pendidikan nasional.  Dengan demikian maka kerjasama ini diharapkan mampu mempersiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu berkembang secara profesional dibidangnya, sekaligus berdaya saing  dalam  menghadapi tuntutan  perkembangan dunia pendidikan.

Bertolak dari hal tersebut maka YISB membuat suatu program pembelajaran yang dinamakan Lampu Belajar. Program ini bertujuan membangun critical thinking anak dan guru melalui proses pembelajaran melalui video dan buku kerja siswa. Lampu Belajar merupakan pembelajaran matematika yang diadakan bagi siswa Sekolah Dasar. Guna membangun critical thinking anak melalui matematika maka program ini dimulai dari kelas 1 dan 2. Karena pendidikan yang mengarah ke pembentukan logika berpikir harus dimulai dari dasar dan tidak bisa instan.

Satdik-satdik SD dilingkungan Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah sudah melaksanakan PKS  dengan YISB ini selama  9 bulan, dalam bentuk penerapan kurikulum Cambridge Singapore khusus mata pelajaran Matematika yang disebut dengan bimbel Lampu Belajar, setiap guru yg akan mengajar akan mengikuti pelatihan tentang bagaimana cara mengajar dengan kurikulum tersebut, pelatihan untuk guru dilaksanakan setiap 2 Minggu sekali (untuk 6 episode), bimbel dilaksanakan 3 kali dalam 1 minggu (3 episode dalam 1 Minggu).

Menurut Kasatdik SD Plus Hang Tuah 7  Purwatiningsih, S.Pd,  fasilitas yang  di terima dari YISB  berupa TV 55",  Flashdisk berisi Video pembelajaran,  Insentif guru ,  Buku Paket untuk guru dan siswa.

Dengan adanya PKS antara Yayasan Hang Tuah dengan YISB Satdik  dapat  meningkatkan logika berpikir siswa, Siswa menjadi lebih kritis,  pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar